Berapa Total Biaya Untuk Pergi Ke Worlds?

Berapa Total Biaya Untuk Pergi Ke Worlds?

Ahh.. Setelah semingguan nonton pertandingan LOL rasanya puas banget. RNG vs EDG di LPL, KT vs ROX di LCK, terus IMay vs WE yang gak kalah serunya, abis itu ada G2 vs SPY di final EU LCS, terus lanjut nonton final NA LCS antara TSM vs C9.. Agak bikin pegel mata juga sih, dan ngantuk-ngantuk pas lagi kerja siangnya, tapi puas banget liat matchnya yang seru-seru.

Sampai saat ini, sudah ada 9 dari total 16 tim yang sudah mengamankan slot di Worlds 2016. Setelah lengkap nantinya, babak Group Stage Worlds akan dimulai pada tanggal 29 September – yang artinya kurang dari sebulan lagi.

Sebenernya nonton dari livestream aja udah cukup sih, tapi sebenernya pengen banget nonton Worlds langsung di Amrik. Nonton tim-tim LOL kelas atas tanding dengan mata kepala sendiri, ketemu dan kenalan dengan Summoners dan cosplayers dari berbagai penjuru dunia, dan bawa pulang merchandise buat kenang-kenangan.

Andaikan, sekarang saya punya uang Rp30.000.000, bisa nggak ya saya pergi nonton Worlds di Amrik (dan pulang dengan selamat tentunya) tanpa khawatir kekurangan biaya?

Saatnya itung-itungan!

 

Paspor dan Visa

 

Untuk pergi ke Amrik, saya butuh paspor dan visa. Untungnya saya sudah punya paspor, tapi andaikan saya belum punya, saya harus membuat e-passport seharga Rp600.000.

Selanjutnya untuk visa, kita harus mengajukan visa B-1 (visa untuk turis) yang membutuhkan biaya aplikasi sebesar US$160. Jika dikonversikan ke Rupiah dengan asumsi $1 = Rp13.500, maka biaya untuk pengajuan visa akan memakan biaya Rp2.160.000. Visa akan keluar minimal 2 hari kerja jika disetujui.

Total biaya Paspor dan Visa: Rp2.760.000.

 

Tiket Pesawat

 

Sebelum mengajukan visa, tentunya kita harus menentukan tanggal berangkat dan pulang kita supaya proses pengajuan visa tidak terhambat. Itu artinya, kita harus membeli tiket pesawatnya juga sebagai tanda bukti kepergian kita ke Amrik. Karena Worlds sendiri berlangsung selama sebulan dan diadakan di kota yang berbeda tiap tahapnya, maka anggaplah saya hanya ingin berangkat ke Los Angeles untuk menonton pertandingan finalnya saja.

Babak Grand Final akan berlangsung tanggal 29 Oktober (hari Sabtu), jadi saya harus membeli tiket pulang pergi di antara tanggal 29. Anggaplah saya berangkat tanggal 28 dan pulang tanggal 30, sehingga masih ada waktu untuk beristirahat di hotel selama 2 malam.

Saat menulis artikel ini, saya mendapatkan harga tiket paling murah dari bandara Soekarno-Hatta ke Los Angeles Internaional seharga Rp12.748.340 dari Tripair.com, akan tetapi harga tiket selalu berubah setiap waktunya. Jadi untuk berjaga-jaga, saya akan menaruh bujet tiket sekitar Rp15.000.000 untuk pulang-pergi.

Total biaya sampai saat ini: Rp17.760.000.

 

Akomodasi

 

Tentunya kita tidak mau liburan ke luar negeri dan tidur di jalan, kan? Untuk itulah kita juga harus mencari tempat menginap.

Saat ini, ada banyak opsi penginapan yang bisa dipilih dan dipesan langsung melalui internet. Selain hotel, kita juga bisa menyewa tempat menginap melalui airbnb.com yang harganya jauh lebih murah dibandingkan hotel. Karena saya tidak ingin berlama-lama di kamar dan ingin menonton final Worlds dari awal sampai tuntas, maka saya lebih memilih kamar pribadi yang nyaman untuk tidur tanpa opsi macam-macam.

Setelah mencari di airbnb, saya menemukan penginapan dekat Staples Center (tempat final Worlds berlangsung) dengan harga Rp685.000-an per malam. Setelah ditotal bersama biaya jasa dan pajak, maka yang harus saya bayar selama 2 malam adalah sekitar Rp1.763.000 jika dibulatkan.

Penghitungan biaya menginap tidak jauh beda dengan biaya tiket pesawat, kita juga harus berjaga-jaga apabila kamar tersebut ternyata sudah di-book orang lain, dan harganya dapat naik seiring waktu. Jadi, saya akan mengambil kamar dengan bujet maksimal Rp1.000.000 per malamnya, atau Rp3.000.000 setelah ditotalkan dengan biaya jasa dan pajak.

Total biaya sampai saat ini: Rp20.760.000.

 

Sampai saat ini, berarti saya masih punya sisa 9 juta 240 ribu rupiah untuk pergi menonton Worlds. Wah, masih banyak nih, bisa buat beli oleh-oleh dan merchandise LOL buat dipamerin ke temen-temen!!!!!

Eits, tunggu dulu, masih ada biaya lain yang harus saya hitung..

 

Cek di halaman 2.

 

Tiket Masuk Final Worlds

 

Untuk menonton final Worlds di Staples Center, kita harus memiliki tiket masuk. Harganya bervariasi sesuai posisi tempat duduk, mulai dari $46.50 sampai $71.00.

Oke, saatnya cek kursi di situs LOL Esports..

..well, sial.

Apakah mimpi saya menonton final Worlds mati? Oh, tentunya belum!

Saya masih bisa membeli tiket melalui situs StubHub.com, dimana tiket yang dijual di sini merupakan tiket yang sudah di-booking oleh orang lain. Kasarnya, saya beli tiket melalui calo yang harganya tentu lebih mahal.

Di StubHub, saya melihat harga tiket di kisaran $118 sampai $210. Ah, dua kali lipat dari harga normal.. Tapi tak apalah, saya tak perlu cari tempat duduk di bagian depan. Duduk di belakang pun tak apa, asal nonton langsung. Jadi saya akan siapkan bujet $120 atau Rp1.620.000 untuk membeli tiket reguler dari para calo.

Total biaya sampai saat ini: Rp22.380.000.

 

Ongkos Makan & Minum

 

Jangan lupa, sebagai manusia kita juga butuh makan dan minum. Beberapa tempat penginapan menyediakan menu sarapan gratis yang disertakan dalam biaya menginap. Namun untuk jaga-jaga, anggaplah kamar yang saya sewa tidak menyediakan makanan, jadi saya harus cari makan sendiri.

Rata-rata menu makanan di Los Angeles berada di kisaran $8. Artinya, jika kita makan 3 kali sehari, maka kita harus siapkan $24 per harinya. Kalau mau ngirit, makan roti dan minum air putih juga bisa. Tapi saya orangnya doyan makan, maka dari itu saya akan siapkan bujet $50 untuk makan selama di Amrik.

$50 = Rp675.000.

Total biaya sampai saat ini: Rp23.055.000.

 

Ongkos Transportasi Lokal

 

Transportasi di LA memiliki beberapa pilihan sesuai bujet. Kita bisa menggunakan bus, kereta bawah tanah, atau taksi. Kita juga bisa menggunakan aplikasi seperti Uber. Untuk kereta dan bus, biaya sekali jalan adalah $1.75, sedangkan biaya Uber termurah minimal $5.15 per perjalanan.

Jika saya tidak jalan-jalan, hitung-hitungannya: Ongkos dari bandara -> tempat menginap, tempat menginap -> Staples Center, Staples Center -> tempat menginap, tempat menginap -> bandara. Jadi untuk ongkos transportasi, saya menyiapkan bujet sekitar $15 dengan menggunakan Uber dan bus bergantian.

$15 = Rp202.500.

Total biaya sampai saat ini: Rp23.257.500.

 

Biaya Lain-lain

 

Selain biaya di atas, kita semestinya juga harus menyiapkan biaya jaga-jaga untuk keadaan di luar rencana. Misalkan kita sakit flu, luka karena terjatuh atau tersandung, kesasar atau bahkan kecopetan.

Karena bujet saya saat ini sudah 23 juta Rupiah lebih sekian, saya akan membulatkan bujet saya menjadi 25 juta untuk biaya tak terduga. Menurut saya, tambahan Rp1.742.500 atau sekitar $131 sudah lebih dari cukup untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak mengenakkan.

Selain itu, saya juga dapat membeli nomor ponsel sementara yang berisi paket data internet, walaupun sebenarnya banyak hotspot Wi-Fi gratis yang dapat saya manfaatkan untuk berselancar ataupun mengupload foto dan membuat teman-teman Facebook saya iri.

Total biaya: Rp25.000.000.

 

Dengan total bujet 30 juta, saya masih memiliki sisa 5 juta yang bisa digunakan untuk beli merchandise dan oleh-oleh, atau jalan-jalan keliling Los Angeles. Horeee!! Sayangnya, ini hanya berandai-andai saja… T_T

Akan tetapi, sekarang kamu semestinya sudah tahu berapa kira-kira biaya yang harus kamu keluarkan untuk pergi menonton Worlds 2016 di Los Angeles. Jangan lupa, ini adalah penghitungan bujet untuk satu orang. Jika kamu ingin pergi berdua atau lebih, ongkos yang dibutuhkan juga akan bertambah. Jika kamu tinggal di luar Jakarta, kamu juga harus menghitung ongkos ke Jakarta terlebih dahulu.

Tentunya bujet di atas hanyalah perkiraan. Kamu bisa travelling ala backpacker dan menekan bujet seminimal mungkin. Atau jika kamu masih punya dana lebih, kamu bisa jalan-jalan dan tinggal lebih lama di Amrik sambil menikmati hidup. Pada akhirnya, nikmati hidupmu dengan traveling dan menonton pertandingan LOL!

 

sumber gambar: lolesports.com, bubblear.com, globetrottergirls.com, theculturetrip.com, www.metro.net, w3staging.com

fusion jazz - vaporwave - instrumental hiphop

Facebook Twitter 

Leave a Reply


comments