Apa Pendapat Pro Player, Caster, dan Komunitas, Tentang Kehadiran League of Legends di Asian Games 2018?

Apa Pendapat Pro Player, Caster, dan Komunitas, Tentang Kehadiran League of Legends di Asian Games 2018?
800x533_LoLAsianGames

Sorakan kebahagiaan dari para Gamers terus terdengar keras sampai hari ini. Pasalnya, Indonesia e-Sports Association (ieSPA) telah mengumumkan bahwa bakal ada enam video game yang akan dipertandingkan pada Asian Games 2018 nanti; Pesta Olahraga Terbesar di Asia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

Dan tentu saja, hal ini merupakan sebuah terobosan baru – karena sebelumnya Esports sama-sekali tidak diperhitungkan di Asian Games. Sedangkan untuk video game yang dipilih sebagai Demonstration Sports di Asian Games 2018, kita akan bisa melihat pertandinga dari game Arena of Valor (AOV), Heartstone, Pro Evolution Soccer (PES), Clash Royale, Starcraft, dan tentu saja yang terakhir ada League of Legends!

Mengingat Esports League of Legends juga akan melakoni debutnya di pesta olahraga tersebut, lalu kira-kira bagaimanakah tanggapan dari pihak-pihak yang secara langsung terlibat dalam kegiatan Esports dan juga orang penting di balik komunitas League of Legends Indonesia?

Ingin mengetahui jawabannya, akhirnya Hasagi melempar pertanyaan singkat kepada Player, Caster/Analis, dan beberapa komunitas. Kami berbincang dengan Jeremy ‘Tibold’ Yulianto, Bayu ‘Cruzher’ Putra Sentosa, Ananda ‘Bandot tv’ Rizky, Florian ‘Wolfy’ George, Abi ‘Xiam Phu’ Simanjuntak, Vandy ‘Luffy’ Nugraha, Febryan ‘Gob’ Arisandy, dan Restu ‘Rest’ Purbaya, sebagai narasumber dan mengorek pandangan mereka tentang Asian Games 2018.

Seperti yang kita tahu League of Legends masuk ke dalam game yang bakal dipertandingkan dalam Asian Games 2018 nanti, apa pandangan kalian masing-masing dengan hal tersebut?


800x533_AsianGames18

Tibold: Palingan cuma kepikir bagaimana tim League of Legends Indonesia bisa performa baik lawan tim luar. Lalu untuk bikin timnya bagaimana? Apakah All-Star? Atau kaya organisasi kami dari Bigetron harus cari 5 pemain yang di luar tim lain? Semua ini ber-center pada performa Indonesia melawan negara-negara lain di Asian Games sih. Seneng gak denger berita ini? Tentu seneng karena bisa masuk Asian Games. Tapi enggak senengnya karena Indonesia belum siap sebenernya untuk masuk.

Cruzher: Tentunya dengan League of Legends masuk sebagai esports di Asian Games sangat ngebantu game ini sendiri terutama Indonesia di sih, yang cenderung populasinya kurang rame. Harapan gue sih sebenernya dari dulu tetap sama, harapan gue adalah dengan adanya ini, semoga penerbit game ini (Garena) yang ada di Indonesia bisa lebih STEP UP dengan cara mengurus esports scene-nya.

Event Asian Games ini pastinya akan menjadi event yang sangat besar untuk Indonesia dan untuk League of Legends juga. Kalau misalnya habis dari event ini dan dari PUBLISHER game sendiri tidak bisa memanfaatkan momentum ini untuk membangun scene esports LoL di Indonesia dengan BENAR, maka yah percuma aja sih. Everything will goes back to the way it is.

Wolfy: Ada sisi seneng dan sedih sih, haha. Gua seneng banget game tercinta gua League of Legends bisa sampai dilombain di Asian Games. Bener-bener gak nyangka sih dari begitu banyak game yang ada, League of Legends bisa kepilih. Sedihnya sih pas sekarang League of Legends masuk Asian Games yang menurut gue bukti bahwa game ini dianggap sangat serius, malah liga-liga Pro di SEA dibubarkan. Menurut gue ini padahal bisa memicu banyak pemain untuk serius di League of Legends karena dunia juga nganggap game ini sebagai game yang berkualitas.

Xiam Phu: Wah bagus dong, League of Legends bakalan jadi lebih dikenal sama komunitas gamer maupun non gamer. Kalo masalah siap dan belum siapnya, itu setiap orang pasti punya pendapatnya masing-masing. Kalau kita mau bicara siap atau belum siap kita juga harus tentuin tolak ukurnya apa dulu. Untuk gue pribadi gue ngeliat ajang ini sebagai sebuah kesempatan bagus untuk kasih liat bahwa berprestasi di bidang esports juga bisa jadi suatu hal yang bisa dibanggakan.

Bandot Tv: Yang pastinya sangat bangga ya. Soalnya game League of Legends ini juga yang dari dulu saya sukai gamenya, dan ketika masuk sebagai demonstration sports di Asian Games – pastinya sangat senang karena nantinya dari game ini sendiri, akan terekspos lagi keluar/ ke seluruh Indonesia. Intinya saya sangat senang dan bangga, karena sebagai streamer League of legends Indonesia, saya senang game ini bisa terekspos lagi ke seluruh pemain/gamers di Indonesia maupun dunia nantinya.

Luffy: Bagus banget ya, kalau kita lihat skarang perkembangan esports di dunia bahkan di Indonesia sudah mulai berkembang pesat dari tahun ke tahun, bisa sampai masuk Asian Games.

Rest: Seneng banget sih pastinya. Saya berharap ajang ini bisa mengubah pola pikir masyarakat Indonesia, terutama yang tua-tua, bahwa main game itu tidak selamanya buruk. Main game bukan sekedar buang-buang waktu, dan bukan hobi yang sia-sia. Nah, dengan masuknya League of Legends di Asian Games, semoga saja akan membuat semua orang berpikir bahwa game juga bisa di bawa keajang yang lebih serius dan menjanjikan.

Gob: Saya tidak terkejut, mengingat League of Legends adalah the Most Played games In the World saat ini bersaingan dengan beberapa game survival yang sedang ngehits seperti Fortnite, PUBG, dll. Sementara saingan League of Legends di kategori MOBA lain seperti Dota 2 hanya populer di Indonesia saja, sedangkan di negara asia lainnya League of Legends tetap menjadi yang terpopuler khususnya di negara-negara Asia Timur seperti China, Korea, Macau, dan juga Jepang. Saya bersemangat sekali ya karena debut League of Legends pada Asian Games kali ini Indonesia menjadi tuan rumah, artinya apa?

Artinya kita tidak hanya akan bergulat dengan tim-tim dari region garena saja, bahkan di turnamen kali ini Indonesia bisa berkesempatan unjuk gigi untuk melawan tim-tim sekelas LPL dan LCK karena dari 45 slot dari seluruh Asia akan di qualifikasi menjadi 8 tim dan Indonesia sudah termasuk ke dalam 8 tim tersebut. Sebenarnya saya pribadi agak kecewa, kenapa?

Karena turnamen sekelas asian games ini masih menggunakan format tim club yang diqualifikasi sehinngga tidak ada bedanya dengan semisal Liga Champion Asia. Untuk kedepannya mungkin saya harap dipilihnya putra terbaik bangsa untuk mengikuti pelatnas sehingga tersisa 5-7 putra terbaik Indonesia yang akan membela Tim Nasional League of Legends Indonesia, benar-benar membawa nama timnas dan bukan membawa nama club. Hanya sekedar Harapan sih hehe.

Asian Games adalah gerbang pertama dan harapan saya kedepannya esport khususnya League of Legends akan dilombakan juga pada ajang sekelas Olimpiade, sehingga imej games khususnya esports di mata masyarakat Indonesia menjadi tidak lagi negatif. Bahkan akan ada pelatihan sejak dini di sekolah-sekolah seperti adanya ekstra kulikuler esporte. Bukan tidak mungkin di saat esports sudah ada yang mewadahi, akan berkurang kenakalan remaja yang suka bolos-bolos ke warnet, dia salurkan hobinya di sekolah sehingga ada yang mengontrol. Dan pandangan terhadap esports di mata para orang tua pun akan menjadi baik dan mungkin beberapa puluh tahun ke depan nantinya esport akan menjadi salah satu olahraga mainstream di Indonesia.

Apa harapan kalian untuk pemain/tim League of Legends Indonesia di Asian Games nanti?


46445-051518_lol_asiangames

Cruzher: Harapan gue untuk tim League of Legends Indonesia nanti cuma untuk lolos group stage, dan siapapun yang pergi it doesn’t matter. Gue cuman pengen Indonesia untuk bisa lolos dari group stage.

Tibold: Hmm, paling harapan dari Garena atau pemerintah untuk bisa lebih men-support bukan cuma asal partisipasi lalu dilempar terjun begitu aja.

Wolfy: Gua berharap seluruh rangkaian demonstrasi Esports bisa lancar agar masyarat umum dapat mengubah pandangan mereka terhadap Esports dari sesuatu yang negatif karena Esports berhubungan erat dengan bermain game, menjadi positif karena Esports ini bukan sembarangan main game tetapi memiliki kesulitan dan tingkat kompetitif  yang sama dengan olahraga lainya yang dipertandingkan di dunia.

Bandot Tv: Yang pastinya siapapun yang menjadi peserta dan mewakili Indonesia di ajang game League of legends pada nantinya, berharap bisa memberikan yang terbaik untuk negeri kita tercinta ini. Dan semoga player-player Indonesia bisa lebih di kenal lagi di seluruh Indonesia, Asia, maupun dunia.

Luffy: Ada dong, pastinya semoga siapa saja yang nanti terpilih buat wakilin Indonesia, bisa bertanding membawa nama Indonesia dengan mengeluarkan seluruh kemampuan yang dimilikinya.

Gob: Hmm harapan ya. Menurut saya, mungkin Indonesia masih terlalu prematur untuk menjadi tuan rumah pergelaran esports pada Asian Games kali ini. Kenapa? Karena studio esports di Indonesia pun belum ada. Sementara di region-region lain sudah ada arena khusus untuk pergelaran esports di negaranya masing-masing. Dan ini menurut saya menjadi PR dari pemerintah agar mulai melirik esports sebagai salah satu cabang yang memiliki viewers dan enggagement yang tidak sedikit.

Dan kita tau pada GPL terakhir, Indonesia menjadi juru kunci grup dengan 0 win. Dan kali ini Indonesia akan otomatis lolos ke 8 besar sebagai tuan rumah, dimana bukan lagi tim sekelas GPL yang mereka lawan tetapi tim sekelas Worlds. Dan ini akan menjadi tantangan yang cukup menantang bagi para penantang yang lolos nanti dari qualifier dan membawa nama Indonesia. Bukan tidak mungkin walaupun mendapatkan 0 win di GPL season lalu, Indonesia bisa mencuri beberapa kemenangan dari tim LCK, VCS, atau LPL. Harapan saya, kontingen League of Legends Indonesia yang akan terpilih nanti, dapat memanfaatkan momen ini karena kesempatan menjadi tuan rumah dalam event sekelas Asian Games ini tidak datang dua kali dalam beberapa tahun mendang. Dan setidaknya membuka mata masyarakat dan pemerintah bahwa dari bermain game pun, kita tetap bisa mengharumkan nama bangsa.

Xiam Phu: Harapan gue sih pemain Indonesia yang nanti tanding di ASIAN Games ada yang pick Yasuo terus spam CTRL + 6 secara terus-terusan. Hehe, becanda!


Itu dia petikan pernyataan dari beberapa kalangan penggiat esports dan komunitas League of Legends di Indonesia. Mari kita dukung terus pemain ataupun tim Indonesia dalam Asian Games 2018 nanti. Tidak hanya untuk pemain League of Legends saja, melainkan untuk semua atlit dan cabang olahraga yang ada.

Semoga mereka semua yang berjuang mengharumkan Tanah Air, dapat menampilkan penampilan terbaiknya. Maju terus Indonesia, kami siap menyerukan suara semangat untukmu Garuda!

Pecinta dunia figure yang hanya sebatas menikmati tanpa bisa membeli.

 

Leave a Reply