Mau Tahu Siapa Saja yang Bekerja di Balik Layar Pertandingan EU LCS?

Mau Tahu Siapa Saja yang Bekerja di Balik Layar Pertandingan EU LCS?
EU_LCS-4

Meriahnya pertadingan kompetitif seperti LCS, LCK, LPL dan pertandingan lainnya pasti membuat penasaran. Eh, kok ban picknya keren gitu ya? Audionya kok keren banget ya? Siapa sih yang bikin? Kok bisa sekeren itu? Casternya kok heboh gitu ya? Kok bisa timingnya pas gitu ya? Banyak pertanyaan yang muncul ketika melihat pertandingan-pertandingan tersebut. Kali ini kita akan membahas orang yang bekerja di balik layar pertandingan EU LCS, seperti apakah?

Ternyata banyak tim yang bekerja di balik layar pertandingan EU LCS. Mulai dari graphics team hingga kamera. Setiap bagian bekerja secara profesional untuk menyajikan pertandingan sebaik mungkin dan mengurangi kesalahan sekecil mungkin. Seperti yang kita lihat di Instagram story LoLEsports dan telah dirangkum dalam video berikut ini:

Semua tim bekerja keras dalam proses di balik layar ini. Jika kalian memiliki sedikit kuota atau kurang mengerti bahasa inggris, kami akan menjelaskan apa saja tim yang ada di balik pertandingan ini dan masing-masing tugas mereka:

Graphics Team

Graphics Team bekerja untuk menyiapkan lebih dari tiga puluh template yang nantinya dipakai untuk mengupdate semua grafis yang ada di dalam video, seperti MVP, nama caster yang sedang membawakan acara, desain template pick and ban, template yang ada di dalam pertandingan, template pemain yang bermain dan berbagai template lain. Nantinya, Graphics Team harus sigap ketika produser, divisi stats, shoutcaster memberi kode kepada mereka.

Front Row

Baris depan ini bertugas untuk mengoperasikan semua yang terjadi pada layar. Nantinya, pemimpin utama memastikan semua berjalan dengan lancar. Ada juga pemimpin IT yang bertugas untuk mengoperasikan video switcher sesuai arahan direktur utama dan mendapatkan hasil yang direktur utama inginkan pada siaran. Ada satu orang lagi yang bertugas untuk memastikan semua bekerja pada frame dan waktu yang sama.

Sync dengan Ventus

Screenshot_110

Istilah ini mungkin kamu baru mendengarnya, Ventuz adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan presentasi atau untuk melakukan penampilan secara live dan dapat diatur dengan mudah. Ventus juga dapat digunakan untuk melakukan sync terhadap beberapa LED. Di sini, salah seorang bertugas untuk melakukan Sync LED dengan monitor yang ada di depan meja kerjanya. Sebagai contoh, dalam video tersebut, Philipp yang ditugaskan untuk melakukan sync dan sedang menekan champion yang diban dan akhirnya champion yang diban muncul di LED.

Producers Team

Kamu tahu apa yang terjadi ketika pause? Ternyata banyak yang terjadi. Jika terjadi sesuatu seperti pause, akan ada banyak koordinasi nantinya. Sebelumnya, mereka harus mendapatkan informasi yang akurat perihal pause pada game tersebut dan memberitahukannya kepada viewer.

Nantinya, ada tiga orang yang nantinya ditugaskan jika terjadi sesuatu seperti ini. Orang pertama berkoordinasi dengan tim untuk memberikan tampilan perihal apa yang terjadi.  Orang kedua nanti akan memberitahukan ke shoutcaster perihal apa yang terjadi. Orang ketiga, nantinya juga akan berkoordinasi dengan tim lain di seluruh dunia yang juga membuka live streaming dalam bahasa yang berbeda.

QAQC (Quality Assurance and Quality Control)

Mereka adalah yang bertanggung jawab di balik kualitas yang terjadi di Summoner’s Rift dan stage. Mereka juga yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi di dalam siaran

Observers

Mereka yang bertugas untuk memantau setiap momen yang terjadi dalam Summoner’s Rift. Ada yang menampilkan apa yang terjadi saat live. Ada juga menangkap replay dan ada juga yang memantau dan menampilkan screen untuk analysis.

Stats
Mereka bertugas untuk mencatat stats yang ada di pertandingan kompetitif. Seperti First blood tercepat dalam sejarah EU LCS, jumlah kill para pemain, Kill Participation, Rune dan lain-lain. Kalian juga bisa melihat hasil kerja mereka di Twitter @lolesportsstats.

Writer

Dia adalah orang yang bertugas untuk menulis script untuk apa yang terjadi. Ia adalah awal dari segalanya. Tanpa adanya Writer, sebuah siaran tidak akan bisa dimulai. Well, ini sama seperti jiwa dari setiap siaran.

Broadcast Audio

Kalian pasti sering mendengar lagu-lagu yang diputar atau suara meriah penonton dan caster. Broadcast Audiolah yang bertugas mengatur semua audio yang terjadi. Kesalahan seperti Audio yang double memang benar-benar tidak ada karena gangguan audio pasti akan mengurangi viewer nantinya. Karena itu, Broadcast Audio harus bekerja dengan semaksimal mungkin.


Well, itu semua tugas dari masing-masing tim yang ada di balik layar siaran pertandingan League of Legends terutama EU LCS. Semua kamera di sana menggunakan robot yang juga di kontrol dalam ruangan broadcast. Wah, Riot Games benar-benar berdedikasi seratus persen untuk menampilkan siaran terbaik kepada kita semua.

Rafki R. Kurnia

Just a little biographical information to fill my profile.

Facebook 

Leave a Reply


comments