Riot Terapkan 10 Bans di Pertandingan Kompetitif Spring Split 2017

Riot Terapkan 10 Bans di Pertandingan Kompetitif Spring Split 2017

banner_10bans_final

Penerapan 10 bans di pertandingan kompetititf sepertinya akan dapat kita saksikan sebentar lagi.

Riot telah mengumumkan secara resmi di akun Twitternya bahwa di pertandingan kompetititf jumlah ban akan meningkat menjadi 10 sehingga pick-ban system akan terdiri dari 4 fase.

Perubahan sistem ini akan dimulai blue side first pick dan first ban di dua fase awalnya. Kemudian, di red side akan memiliki first pick dan first ban di fase kedua. Red side akan mampu memilih counterpick dalam pemilihan champions dan melakukan 1 pick dan dua ban di akhir pick fase 1. Ini sebagai counterbalanced dari 2 pick di tim blue side.

banphase


Agar lebih mudah dicerna, saya coba membantu dari gambar. Di awal seperti biasa, kita melakukan ban sebanyak 3 champions pada masing-masing side.

Dilanjutkan dengan pick phase 1, dimana 1st pick dilakukan oleh blue side dan kemudian red side memperoleh 2nd dan 3rd pick. Lalu, 4th dan 5th pick untuk tim blue side yang ditutup dengan pick 6th untuk red side. Itu akhir dari pick phase 1.

Pada Ban phase 2, dilanjutkan sistem ban sebanyak 2 champions bagi blue dan red side.

Selesai dari Ban phase 2, kita masuk ke pick phase 2 yang mana dimulai dengan red side yang melakukan pick dahulu, kemudian disusul dengan 2 pick bagi blue side serta diakhiri dengan pick oleh red side.


Alasan berubahnya sistem ini karena sejumlah pemain profesional dan spectator melakukan komplain karena batasannya dalam mengatur strategi dengan sistem yang lama.

Ketika sistem ini telah hadir bagi pertandingan kompetitif, namun sepertinya bagi ranked queues masih membutuhkan waktu agar penerapan sistem baru ini dapat berjalan dengan baik.

Riot mengatakan, “Perubahan pick/ban di pertandingan regular (ranked queue) akan datang nanti setelah penerapan di pertandingan kompetitif berjalan dengan baik. Kami masih menilai apakah perubahan gaya pick/ban ini akan dapat diterapkan pada pertandingan regular yang mana memiliki perbedaan (teman yang tidak dikenal, kurangnya informasi tentang musuh kalian).”

Sistem ini tidak hanya berlaku bagi pertandingan kompeititf seperti LCK, EU/NA LCS saja namun juga berlaku di pertandingan NA Challenger Series menurut J.T. “Tiza” Vandenbree (Koordinator Senior eSports di Riot).

Aris "VelcrO" Nugraha S

Lagi sibuk banyak kerjaan

Leave a Reply


comments