Champion Review: Ornn

Champion Review: Ornn
Ornn

Mungkin terasa spesial jika kamu bisa membeli item di jalan dalam League of Legends, tapi untuk bermain Ornn secara keseluruhan, saya kurang merasa puas.

Ya, dia tanky, skillsetnya unik, punya manfaat yang bagus untuk teman-teman satu timnya, tapi secara individual Ornn memiliki banyak kelemahan yang membuatnya sulit untuk menjadi faktor kemenangan bagi timnya.

Dari video gameplay yang dirilis Riot Games, Ornn seolah ditempatkan sebagai toplaner tank, yang akan menjadi frontline ketika teamfight dan memberikan CC sembari menyerap damage dari musuh. Namun menurut saya pribadi, dengan stat Ornn saat ini, ia lebih cocok menjadi support atau jungle dibanding toplaner.

Berikut ini, adalah penilaian pribadi saya terhadap Ornn setelah beberapa kali mencoba memainkannya di toplane dan support.

 

1. Beli item di jalan bagus, tapi…

Seperti yang sudah saya bahas di atas, salah satu kelebihan Ornn adalah ia bisa ‘menempa’ item tanpa harus kembali ke base. Tidak ada champion lain yang bisa melakukan ini.

Tapi, seperti tidak ada gunanya ketika kamu bisa beli item di jalan tetapi ujung-ujungnya kamu tetap harus balik ke base untuk regen MP, karena ability Ornn cukup boros mana untuk awal game dan rangenya tidak cukup baik untuk bisa trading dengan champion lawan. Kemampuan laningnya menurut saya tidak jauh beda dengan champion-champion tank toplane lainnya, hanya saja memang kamu tidak diharapkan untuk menang di lane. Terlebih jika dihadapkan dengan toplaner tukang bully seperti Darius, Fiora atau Jayce.

Jadi, opsi yang lebih baik untuk memanfaatkan fitur ‘beli item di jalan’ ini adalah menjadi jungler atau support. Dengan menjadi jungler, pemborosan mana bisa diakali dengan Blue Buff, dan kamu bisa memberikan setup untuk laner tim kamu, sedangkan menjadi support membuat peranmu menjadi peeler ADC yang cukup baik. (sekali lagi, cukup baik).

 

2. Upgrade item tim yang… OK lah.

Salah satu skill pasif Ornn selain membeli item di jalan, adalah kemampuan untuk meng-‘upgrade’ item core untuk kamu dan timmu. Setiap pemain dapat mengupgrade 1 item core seperti Infinity Edge, Redemption, atau Trinity Force dengan biaya 1000 gold (500 gold untuk Solari & Redemp) untuk memberikan stat tambahan kepada item tersebut.

Di atas kertas fitur ini keren, akan tetapi saya rasa untuk upgrade item ini hanya akan baik dilakukan dalam 2 kondisi: late game dimana kamu sudah full item dan masih ada gold untuk upgrade, atau untuk support yang tidak butuh banyak item.

Saya rasa kurang efisien untuk membuang 1000 gold demi mengupgrade 1 item core jika 1000 gold itu bisa digunakan untuk membeli item core lainnya. Jadi, menurut saya fitur ini lebih berguna jika game berjalan sangat lama, dan / atau komposisi champion tim yang scaling ke late game.

 

3. Efek Brittle bagus untuk komposisi wombo combo

Salah satu keunikan Ornn lainnya adalah efek debuff Brittle yang saat ini hanya dapat dikeluarkan oleh Ornn saja. Dan ini bagus hanya jika ada follow-up dari champion teman yang punya skill disable. Agak sulit untuk mendapatkan hasil maksimal dengan kombo W-E atau Q-W-E seorang diri, apalagi jika musuh pintar kiting.

Efek Brittle ini hanya bisa diberikan dengan W dan ultimate (R) Ornn. W dengan jarak yang pendek banget, serta R yang butuh waktu setup cukup lama ditambah cooldown early game yang lama juga.

Untuk bisa mengeluarkan potensi maksimal dari Brittle ini, dibutuhkan bantuan dari rekan satu tim juga. Karena Brittle memberikan bonus damage dan durasi ketika lawan terkena efek hard CC (stun, knockup, root), maka Ornn akan lebih baik digunakan jika champion teman-teman satu timmu punya ability hard CC untuk melakukan kombo.

Inilah salah satu kelebihan Ornn yang menurut saya baik, yaitu potensi teamfight 5v5 yang kuat apabila timmu dapat mengeksekusinya dengan benar.

 

Yah, mungkin itu saja kesan-kesan awal saya setelah memainkan Ornn. Tentunya saya tidak ingin mengatakan bahwa Ornn jelek, atau kamu tidak boleh memainkan Ornn, karena setiap orang termasuk saya punya style bermain yang berbeda-beda.

Akan tetapi, menurut saya Ornn bukanlah champion yang kuat untuk mengcarry sebuah game. Ornn perlu kerjasama tim yang baik untuk memaksimalkan potensinya, dan saya sangat menyarankan kalian untuk party (lebih bagus jika berlima) kalau ingin menggunakan Ornn dalam komposisi, entah sebagai toplaner, jungler ataupun support.

fusion jazz - vaporwave - instrumental hiphop

Facebook Twitter 

Leave a Reply