Patch 8.16 Akan Bawa Perubahan Untuk Tanker-Tanker Ini

Patch 8.16 Akan Bawa Perubahan Untuk Tanker-Tanker Ini
Leona

Pada beberapa patch belakangan ini, para Tanker seperti tidak mempunyai tempat lagi. Kehadiran Keystone baru Conqueror dan update Midseason lalu membuat sebagian besar para Tanker kesulitan lagi bertahan di dalam permainan.

Conqueror dan beberapa update yang hadir sukses membuat peran para Tanker benar-benar digeser oleh para Fighter yang saat ini jauh lebih kuat berkat update-update tersebut. Selain itu, nerf-nerf yang dulunya sempat diterima oleh beberapa Tanker yang sempat menjalani masa keemasannya saat ini baru mulai terasa. Tak lupa juga gaya permainan sebagian besar Tanker yang cenderung membosankan membuat para pemain mulai beralih ke champion lainnya.

Melihat keadaan ini, Riot pun berniat membawa sejumlah perubahan bagi beberapa Tanker yang dirasa memerlukan perubahan. Perubahan yang diusung ini cukup beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Tanker. Ada 7 Tanker yang mendapatkan perubahan yaitu Nautilus, Amumu, Rammus, Sion, Leona, Maokai, dan Tahm Kench.

Nautilus


Nautilus_0

Tujuan: Memberikan sedikit fleksibilitas pada Shield miliknya dengan memberikan efek yang akan membantunya melakukan trading dan bisa digunakan lebih sering saat melakukan clearing Jungle camp.

Titan’s Wrath (W)

  • Shielding :: 65/70/75/80/85 (+9/11/13/15/17% maxHP) >>> 60/70/80/90/100 (+9/10/11/12/13% maxHP)
  • Duration :: 10 >>> 6
  • Cooldown :: 18 >>> 12
  • Cost :: 80 >>> 60

 

Amumu


Amumu_0

Tujuan: Memberikan scaling yang unik kepada mekanisme pertahanan Amumu.
Tantrum (E)

  • BARU :: Passive physical damage reduction mendapatkan keuntungan dari 3% bonus Armor dan MR Amumu.

 

Rammus


Rammus_0

Tujuan: Membuatnya menjadi lebih Tanky pada setiap tahap permainan, namun masih lebih condong ke Physical Damage daripada Magic Damage.
Defensive Ball Curl (W)

  • Bonus Armor :: 50/60/70/80/90% >>> 60/70/80/90/100%
  • Bonus Magic Resist :: 25/30/35/40/45% >>> 30/35/40/45/50%

 

Sion


Sion_0

Tujuan: Memberikan reward dari stacking W
Soul Furnace (W)

  • Max HP permanen dari lawan kecil :: 3 >>> 4
  • Max HP permanen dari lawan besar :: 10 >>> 15

 

Leona


Leona_OriginalSkin

Tujuan: Memberikan Leona potensi untuk mengaktifkan lebih banyak pertahanan tanpa memberikan buff terlalu banyak pada lanenya. Damage W dan E mendapatkan perubahan supaya Leona tidak mendapatkan kemampuan ofense and defense yang tinggi jika meningkatkan W terlebih dahulu.

Eclipse (W)

  • Damage :: 60/100/140/180/220 >>> 60/90/120/150/180
  • Cooldown :: 14 >>> 18/16/14/12/10
  • Armor :: 25/35/45/55/65 (+20%) >>> 15/20/25/30/35 (+40%)
  • Magic Resist :: 20/30/40/50/60 (+20%) >>> 15/20/25/30/35 (+40%)

Zenith Blade (E)

  • Damage :: 60/100/140/180/220 >>> 60/110/160/210/260

 

Maokai


Maokai_OriginalSkin

Tujuan: Memberikan Maokai beberapa stat untuk sedikit memperkuatnya di posisi jungle and buff kecil di posisi non jungle. Kami masih terlalu ragu untuk  melakukan overbuff pada posisi top lane.

Base Stats:

  • Movespeed :: 335 >>> 340
  • Pertumbuhan Magic Resist :: 1.25 >>> 1.75
    Sapling Toss (E)
  • Max damage kepada non champion :: 300 >>> 500

 

Tahm Kench


TahmKench_0

Tujuan: Mengurangi efektivitas Devour untuk keperluan defensif dan reward yang lebih baik untuk keperluan ofensif. Juga memberikan tuning kepada Q untuk memberikan lebih banyak tombol yang bisa ditekan dengan cooldown yang berkurang dan mengurangi slownya sebagai kompensasi.

Tongue Lash (Q)

  • Durasi Slow :: 2 >>> 1.5
  • Cooldown :: 6 >>> 5

Devour / Regurgitate (W)

  • Damage :: 20/23/26/29/32% (+2% per 100AP) >>> 27/29/31/33/35% (+1% per 100AP)
  • Durasi Devour :: 4/4.5/5/5.5/6 >>> 4
  • Durasi memakan champion lawan masih tetap setengah
    Cooldown :: 14/13/12/11/10 >>> 28/25/22/19/16
  • Cost :: 90 >>> 60
    NEW :: Triggers half its normal cooldown on enemy cast

Perubahan-perubahan tersebut berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh masing-masing Tanker dan perubahan diatas sejalan dengan rencana Riot yang berencana untuk tidak memberikan terlalu banyak damage. Ada yang pertahanannya memiliki kemampuan scaling, ada yang diberikan reward lebih saat berhasil mencapai sesuatu, dan ada yang diberikan kekuatan tambahan di posisi tertentu.

Perubahan yang didapatkan oleh Leona dan Tahm Kench mengundang pertanyaan yang cukup besar. Banyak yang menganggap perubahan yang didapatkan Eclipse akan membuat laning phasenya semakin lemah sedangkan perubahan milik Tahm Kench dikhawatirkan akan menggeser role Tahm Kench dari Support ke role lainnya, seperti Top atau Jungle.

Rencana perubahan diatas sudah masuk ke PBE sehingga kemungkinan Riot masih akan memberikan perubahan lagi selama masa testing. Bagaimana menurut kalian mengenai sederet perubahan diatas?

Laurent Vic

RIP AND TEAR UNTIL IT'S DONE

Facebook Twitter Google+ 

Leave a Reply