PBE 6.24 Cycle: Angry Nerf Hammer?

PBE 6.24 Cycle: Angry Nerf Hammer?
rengar_0

PBE sekali lagi melakukan update beberapa waktu yang lalu. Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai beberapa champion yang mendapatkan buff maupun nerf. Ternyata setelah Riot mempertimbangkan Impact nya terhadap player, ada beberapa buff yang dirasa masih belum waktunya untuk diimplementasikan dan juga ada beberapa nerf yang masuk dalam kategori “keterlaluan”.

Selain itu, mereka juga menambahkan beberapa Champion OP yang “terlewat” nerf hammer dan juga ada beberapa champion yang dibuff untuk mengembalikan build mereka ke “jalan yang benar” seperti Garen. Yuk kita baca selengkapnya apa saja yang berubah pada cyle ini.
P.S : Sekali lagi artikel ini masih dalam Zona PBE, jadikan sebagai bahan referensi untuk persiapan perubahan build.

Jungle Changes

Blue Sentinel

bluebuff

  • Tidak lagi memberikan tambahan 15% AP
  • Durasi Buff ditingkatkan menjadi 120s yang sebelumnya 90s

Mayoritas mengambil buff ini hanya untuk Mana Regen, sehingga Riot mengembalikannya pada kondisi semula (ada yang sadar sebelumnya blue buff ini memberikan 15% AP?)

Krugs

  • Perubahan pada experience yang didapat
  • XP Large Krug sekarang hanya 50% untuk spawn yang pertama. Spawn yang kedua dan seterusnya tidak ada perubahan. Ini berarti Red Buff + Krug tidak akan memberikan XP langsung ke Lv3
  • Lv 1 clearing saat ini pada Live Server : 178/380 XP (dengan item jungle)
  • Lv 1 clearing saat ini pada PBE Server : 116/380 XP (dengan item jungle)

Champion Balance Changes

Akali

  • Twin Disciples (Passive) : Sekarang memberikan damage pada turret seperti pada champion.

Perubahan ini ditujukan untuk memberikan sedikit pushing power pada Akali sehingga lawan tidak akan seenaknya roam ketika Akali sedang push ke turret mereka.

Azirazir

  • Shurima’s Legacy (Passive) :
    • AD scaling dari turret ditingkatkan dari yang sebelumnya 3AD/menit menjadi 4AD/menit
    • Gold yang diperoleh lawan ketika berhasil menghancurkan turret Azir diturunkan menjadi 50g dari yang sebelumnya 100g
    • Waktu yang dibutuhkan untuk membangun turret Azir diturunkan menjadi 3.5s dari yang sebelumnya 5s (namun perubahan ini dipastikan tidak akan masuk pada patch 6.24)
  • Arise! (W) : Waktu recharge soldier diturunkan menjadi 10/9/8/7/6 dari 12/11/10/9/8

Riot sedang berusaha mengembalikan Azir agar lebih kompetitif perlahan-lahan. Passive dari Azir sendiri dirasa masih telalu lemah dan terlalu banyak memberikan advantage bagi lawan. Sedangkan recharge time W diturunkan agar Azir bisa lebih cepat spam pasukannya.

Fiddlestickfiddle

  • Drain (W) : Damage ditingkatkan menjadi 80/105/130/155/180 dari 60/90/120/150/180
  • Dark Wind (E) : Cooldown diturunkan menjadi 12/11.5/11/10.5/10 dari 15/14/13/12/11

Garengaren

  • Judgement (E) : Efek baru dimana lawan yang terkena 4x putaran skill ini akan berkurang armornya sebesar 25% selama 6 detik.

Penambahan efek baru ini bertujuan untuk membantu garen agar tidak terlalu kesulitan melawan champion lain saat kondisi item mereka sedang behind (misalnya terlalu banyak di kill lawan)

Katarinakat

  • Voracity (Passive) : Damage ditingkatkan menjadi 75-287 from 75-285

Perubahan ini sepertinya hanya untuk sedikit memudahkan coding bagi programmer tanpa memberikan Impact yang cukup dalam bagi game.

Kalista

  • Semua perubahan yang dilakukan pada artikel yang lalu dibatalkan, namun kemungkinan besar perubahan ini akan dimunculkan kembali pada patch 7.1 mendatang

Kog’Mawkog

  • Void Ooze (E) : Damage diturunkan menjadi 60/105/150/195/240 dari 60/110/160/210/260

Setelah menurunkan rasio AP, lagi-lagi nerf hammer menurunkan sedikit base power dari E nya. Riot sepertinya memang menginginkan Kog’maw untuk lebih menjadi ADC.

Nidalee

  • Base AD ditingkatkan menjadi 53 dari yang sebelumnya 47.88

Sedikit buff bagi Nidalee yang saat ini memang berada dibawah jungler yang lainnya.

Rengarrengar

  • Status Growth dari Attack ditingkatkan menjadi 1.5 per level dari yang sebelumnya 1
  • Bonetooth Necklace (Passive) :
    • AD yang diberikan dari passive ini ditingkatkan menjadi 1/3/7/13/20 dari yang sebelumnya 1/3/6/10/15
    • Persentase Bonus AD yang diberikan dari passive ini diturunkan menjadi 1/3/7/13/20% dari 2/6/12/20/30%

Goodbye tank Rengar? Sepertinya belum sampai kesana, namun terlihat bahwa Riot perlahan mulai mengurangi snowballing power dari Rengar untuk memberikan ruang counterplay bagi tim lawan.

Twitch

  • Venom Cask (W) : Mana cost ditambah lagi menjadi 70 dari 50

Sekali lagi di nerf untuk mengurangi frekuensi spam W yang saat ini masih cukup sering ditemui pada Live Server

Varusvarus

  • Living Vengeance (Passive)
    • Bonus Attack Speed sekarang mengikuti ratio Attack Speed yang dimiliki Varus
      • 40% (+50% bonus ratio attack speed) dari kill/assist champion
      • 20% (+20% bonus ratio attack speed) dari non champion kills.
      • Contoh perhitungan bonus : Varus memiliki item attack speed dengan total +60% AS, ketika  mendapat kill/assist maka dia akan mendapatkan bonus dari passive sebesar 40% dari base +30% dari ratio sehingga total bonus attack speed yang dia dapat dari passive adalah sebesar 70%
    • Durasi buff diubah menjadi :
      • 5s dari yang sebelumnya 6s ketika mendapat kill/assist champion
      • 5s dari yang sebelumnya 3s ketika membunuh unit non champion

Varus yang sekarang cenderung menjadi AD Caster ketimbang ADC karena kit yang dimiliki saat ini masih kurang memadai untuk menjadi ADC yang efektif. Dengan perubahan pada passive tersebut, Varus yang memiliki item attack speed akan lebih memiliki potensi trading kepada ADC lawan. Selain itu durasi passive yang didapat dari minion kill juga ditingkatkan sehingga kita masih tetap bisa memanfaatkan passive tersebut tanpa harus push minion terus menerus.

Vaynevayne

  • Tumble (Q) : Persentase bonus damage yang didapat ketika menggunakan skill diturunkan menjadi 30/35/40/45/50% AD dari yang sebelumnya 30/40/50/60/70% AD
  • Final Hour (R) : Durasi Invisibility dari Tumble ketika Final Hour aktif dikembalikan menjadi 1s

Pada artikel sebelumnya, Q Vayne diturunkan menjadi 10/25/40/55/70%, namun Riot menyadari, meskipun early game Vayne jadi sangat lemah, namun ketika Vayne mencoba untuk play safe hingga vayne memiliki level 5 pada Q-nya Vayne tetap akan menjadi monster yang tidak terbendung.

Happy news : Duskblade Vayne bisa dipakai lagi

Item Changes

Duskblade of Draktharr

duskblade
  • Hanya perubahan Tooltip : Sebenarnya item ini sudah menjalankan fungsinya dengan baik dengan Passive Blackoutnya. Namun tooltips belum mencantumkan bahwa passive ini juga mendisable trap seperti jamur teemo.

Haunting Guise

haunting
  • Total Cost diturunkan menjadi 1500g dari yang sebelumnya 1600g. Cost yang diturunkan bukan dari materialnya namun dari combine costnya.

Liandry’s Torment

  • Total Cost juga turun mengikuti perubahan harga Haunting Guise.

Rylai’s Crystal Scepter

rylais
  • Total Cost diturunkan menjadi 2600g dari yang sebelumnya 3200g
  • Perubahan Material/Resep : Sekarang material yang dibutuhkan menjadi

Blasting Wand + Amp Tome + Ruby Crystal + gold.

  • Status dan Efek : +100 Health, +75 AP ; Unique Passive = Damaging Spell dan Ability mengurangi movement speed lawan sebesar 20% selama 1s

[Beda dengan live server kita : -100 Health, -25 AP, Passive yang diubah]

RIP Syndra? Sepertinya begitu. Beberapa Assassin kesulitan untuk melawan control mage yang memiliki Rylai pada buildnya karena item ini membuat control mage yang memiliki damage tinggi lebih tanky namun juga masih memberikan AP yang memadai untuk lebih “burst” dan juga memiliki slow yang cukup besar dari passivenya.

Mastery Changes

Fervor of Battlefervor

  • Durasi Stack ditingkatkan menjadi 6s dari 4s (artikel sebelumnya 5s)
  • AD yang diberikan untuk tiap stack menjadi 1-8 dari yang sebelumnya 1-6
  • Maximum stack menjadi 8 dari yang sebelumnya 10

Buff yang dilakukan untuk sedikit membantu champion yang bergantung pada basic attack sehingga mereka memiliki tenaga pada awal game.

Chris

An adorkable who loves to eat and write something

Facebook Twitter 

Leave a Reply


comments