PBE 6.24 Cycle: Nerf Semua yang OP?

PBE 6.24 Cycle: Nerf Semua yang OP?

leblanc_4

PBE baru saja melakukan update Balance Change pada beberapa champion dan juga Mastery. Namun ada beberapa hal yang cukup menarik d isini dimana sinyalemen negatif untuk nerf terhadap beberapa champion yang “OP” pada patch ini dan ada pula beberapa champion yang kembali mendapatkan buff.

Meskipun ini masih dalam zona PBE, namun kemungkinan besar akan masuk bersamaan dengan Patch 6.24 yang akan datang bersamaan dengan datangnya musim dingin di Summoner’s Rift.

Champion Balance Changes

Fiddlesticks

darkwind

  • Dark Wind (E) : memiliki effect baru dimana jika tidak ada musuh disekitar dia, maka skill ini akan terpantul dari dirinya sendiri

Hal ini dilakukan untuk sedikit membantu jungle Fiddlestick yang kehilangan Clearing Powernya akibat hilangnya beberapa monster kecil seperti sentry pada Blue Buff

Ivern

trgg

  • Triggerseed (E) :
    • Mana Cost meningkat dari 50 menjadi 70
    • Slow menjadi 40/45/50/55/60% dari yang sebelumnya 70% pada semua rank

Perubahan ini untuk mencegah ivern spam skill E yang memiliki cost rendah. 20 mana terlihat kecil, namun coba hitung. Sebelumnya dengan 210 mana, Ivern bisa cast 4x shield, sekarang 210 mana hanya bisa untuk cast 3x. Sedangkan untuk slow nya, 70% di early game ini menjadi CC yang sangat mengerikan yang mengurangi ruang counterplay bagi lawan.

Kalista

rend

  • Rend (E) :
    • Pasifnya tidak lagi berada dalam kondisi tidak aktif ketika skill ini sedang cooldown
    • Minimum unit yang terbunuh untuk Refund Mana dan cooldown kembali menjadi 1 (sebelumnya 2)

Skill E Kalista dikembalikan kepada kondisi sebelumnya agar dia lebih bisa beradaptasi dengan meta sekarang dimana dia berada pada tier bawah dibandingkan marksman yang lain.

Kog’Maw

bioarcane

  • Bio Arcane Barrage (W) : Persentase max health damage ditingkatan menjadi 3/4/5/6/7% dimana sebelumnya 2/3/4/5/6%
  • Void Ooze (E) : AP ratio diturunkan dari 70% menjadi 50%

Secara gamblang Riot mengatakan “Nerf AP Koggie dan buff ADC Koggie”. Saat ini AP Kog’Maw memang lebih banyak diminati daripada versi ADCnya.

LeBlanc

shatter

  • HP Regen diturunkan menjadi 1.48 dari 1.7
  • HP Regen Status growthnya diturunkan menjadi 0.11 dari 0.16
  • Shatter Orb (Q) :
    • Damage ditingkatkan menjadi 55/90/125/160/195 from 55/80/105/130/155
    • Efek tambahan damage dari pantulan terhadap minion diturunkan menjadi 80% dari 120%
  • Ethereal Chains (E) : damage diturunkan menjadi 40/60/80/120 dari 40/65/90/115/140

Pengurangan kekuatan pada wave clear LeBlanc secara signifikan namun untuk 1v1 champion lawan, LB malah menjadi lebih kuat. Sebagai penyeimbang agar LB tidak terlalu overpowered dalam 1v1, damage E nya diturunkan.

Twitch

ambush

  • Ambush (Q) : waktu stealth dikurangi menjadi 8/9.5/11/12.5/14 dari 10/11/12/13/14
  • Venom Cask (W) : Mana cost ditambah menjadi 60 dari 50

Nerf ini untuk mengurangi efektifitas dari stealth pada awal game saja. Selebihnya masih tetap yang sama.

Vayne

tumble

finhou

  • Tumble (Q) : Persentase bonus damage yang didapat ketika menggunakan skill diturunkan menjadi 10/25/40/55/70% AD dari 30/40/50/60/70% AD
  • Final Hour (R) : Durasi Invisibility dari Tumble ketika Final Hour aktif diturunkan menjadi 0.5s dari 1s

Skill pasif Duskblade pada Vayne menambah bonus damage yang cukup besar dan bisa di-proc terus-terusan ketika durasi Invisibilitynya masih 1s. Nerf ini bertujuan untuk mencegah Vayne menggunakan pasif Duskblade + ultimate + tumble untuk snowballing pada early game.

Selain itu, Bonus Damage yang diturunkan akan mengakibatkan damage vayne sebelum lv6 akan turun. Nerf ini sebenarnya diakibatkan dari build critical dan duskblade yang memiliki total attack damage yang cukup besar di awal game.

TL;DR Early game Crit build + Duskblade build menjadi lebih lemah. *Sedih*

Masteries Changes

Courage of the Colossus :

colos

  • Persentase Max Health yang ditambahkan menjadi shield diturunkan menjadi 5% dari yang sebelumnya 7%
  • Cooldown yang dimiliki sekarang menjadi 45s-30s tergantung level kita, bukan 30s lagi seperti sebelumnya

Ditujukan untuk mengurangi shield yang menjadi momok bagi champion yang sering melakukan trade damage dan memiliki CC namun tidak memiliki build tank contohnya Renekton. Sedangkan bagi Champion yang memang pada dasarnya tank, nerf ini tidak terlalu berarti bagi mereka (halo Maokai :D)

Fervor of Battle :

ferv

  • Durasi Stack ditingkatkan menjadi 5s dari 4s

Buff yang dilakukan untuk sedikit membantu champion yang bergantung pada basic attack sehingga mereka memiliki tenaga pada awal game.


Nah, itu tadi perubahan yang dilakukan pada cycle 6.24 beserta beberapa analisa mengapa hal itu dilakukan. Perubahan ini sifatnya masih bersifat sementara, namun jika melihat perubahan yang dilakukan cukup hati-hati, kemungkinan besar beberapa perubahan tersebut akan dibawa menuju official Patch 6.24.

Ada yang bikin kalian bahagia? Apa pula yang bikin kalian sedih? Paling tidak sekarang kalian bisa mempersiapkan diri untuk perubahan yang kemungkinan akan terjadi di Patch 6.24 nantinya.

Chris

An adorkable who loves to eat and write something

Facebook Twitter 

Leave a Reply


comments