Tanya Jawab Bersama Tim Pencipta Map Runeterra

Tanya Jawab Bersama Tim Pencipta Map Runeterra
Runeterra

Pada hari ini, Riot memperlihatkan kepada kita seperti apa map baru Runeterra. Map yang berawal dari karya Redditor fizz-the-noob-fish dan Threegivennames yang dibantu oleh Riot Bioluminescence tersebut akhirnya terealisasikan pada hari ini.

Map tersebut memperlihatkan map Runeterra seperti gambaran Redditor tersebut. Semua lokasi dan faction di Runeterra terletak persis pada map buatan ketiga orang tersebut. Map baru ini juga terlihat seperti gambaran 3D interaktif dimana kita bisa melihat informasi detil setiap teampat dan faction di Map tersebut.

Untitled

Map ini juga memiliki vibe MMO yang sangat kental dan pembahasan mengenai MMO ini saat ini sedang populer karena Co-Founder Riot Games sepertinya menyetujui ide membuat game MMO berbasis League of Legends.

Baru-baru ini, tim yang membuat map ini membuka sesi AMA di Reddit dimana komunitas bisa bertanya apa saja mengenai ide, proses pembuatan, seperti apa map tersebut jika di dunia nyata, atau sekedar bertanya soal konten lore yang belum dimasukkan ke dalam map tersebut. Buat kalian yang malas mengunjungi Reddit, kami sudah merangkum beberapa pertanyaan menarik dari AMA ini.


Q: Ada beberapa region yang masih belum dinamai. Apakah kalian akan menambahkan region lain ke dalam lore kedepannya?

A: Ya. Rencana kami memang untuk terus menambahkan dan memperluas map sambil menceritakan lore baru.

 

Q: Apakah nanti bakal ada merch baru yang berhubungan dengan map ini? Seperti poster bergambar map Runeterra atau semacamnya? 

A: Kami harap begitu. Sepertinya kami harus berbicara dengan tim merchandise untuk merealisasikan hal tersebut.

 

Medic (komentator EU LCS): Aku sangat menyukai map ini dan bagaimana kalian berhasil mengeksekusinya dengan baik. Hal yang paling kusukai adalah penggambaran puncak Mount Targon. Bagaimana kalian memulai proyek yang sangat besar ini? 

A: Map ini sudah kami kerjakan selama bertahun-tahun – pada awalnya hanya berupa rancangan diatas kertas yang kami buat saat berkumpul di sebuah kafe, kemudian kami membangun dan terus memperluas konsep tersebut. Proses pembuatan map meliputi pengecekan lore lama dan baru dengan tujuan mencoba untuk menjaga konsistensi lore, menciptakan peluang terciptanya pertarungan atau petualangan baru kedepannya, dan sudah pasti membuatnya tampak bagus. Proyek ini juga memaksa kami untuk mendalami geografi.

 

Q: Apakah kalian “aware” dengan beberapa typo yang ada di dalam map?

A: Tentu saja. Salah satu anggota kami sedang berusaha memperbaikinya. Terima kasih sudah memberitahu kami.

 

Q: Seberapa besar benua yang ada di Runeterra menurut bayangan kalian? Sebagai contoh, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan dari Shurima menuju Freljord?

A: Besar dalam artian proporsional. Untuk memberimu gambaran, sebuah pasukan tentara kecil bergerak dari ibukota Noxus menuju ibukota Demacia akan membutuhkan waktu 4 bulan. Perlu diingat bahwa sebuah pasukan tentara kecil pastinya akan berhenti sejenak untuk makan, beristirahat, dan mencoba bertahan hidup selama perjalanan.

 

Q: Apakah Kumungu Jungle masih menjadi bagian dari Runeterra atau tidak? Jika Kumungu Jungle bukan lagi bagian dari Runeterra maka dimanakan tempat tinggal Zyra dan Nidalee?

A: Ada sebuah wilayah hutan besar di sebelah timur Shurima, tapi mungkin saja nama hutan tersebut bukanlah Kumungu lagi. Memang Ivern masih menyebut nama Kumungu di VOnya, namun Ivern sendiri sudah sangat tua.

 

Q: Jika kalian bisa memilih satu faction yang akan kalian tinggali, faction mana yang kalian pilih?

A:

  • skiptomyluo: Icathia. Harga sewa di sana murah.
  • RiotDecided: Ionia karena di sana alamnya indah, flora dan faunanya unik, serta punya medan yang unik. Makhluk-makhluk kecil di sana juga lucu-lucu.
  • Riot Blumionescence: Bagian termurah di Piltover (dekat Zaun). Sebenarnya Aku ingin di Zaun, tapi mungkin jika tinggal di sana Aku bakal keracunan atau tertusuk oleh orang tidak dikenal. Tinggal di dekat Zaun namun sedikit lebih aman.
  • WhiskrsActual: Demacia. Aku tidak suka sihir.
  • Du_couteau: Aku ingin tinggal di Piltover dan berkeliling menjelajahi Ionia.
  • RiotSquipmy: Aku ingin tinggal di pulau terpencil di Ionia. Aku ingin dikelilingi oleh alam yang indah dan sihir, lengkap dengan pemandangan laut yang indah. Sebuah tempat yang ideal untuk pensiun.
  • TahmHiddleston: Piltover karena kota progress. Aku sangat tertarik dengan Hextech. Ionia akan menjadi tempat yang cocok untuk pensiun.
  • wuddaheq: Bilgewater. Aku suka pulau dan pantai.
  • joepod1: Aku mungkin akan memodifikasi tubuhku di Zaun dan hidup sebagai buronan yang diperkuat dengan mesin

 

Q: Apakah kalian berencana untuk menambahkan champion yang tidak memiliki tempat spesifik seperti Alistar, Bard, Annie, Fiddlesticks,Kindred, Ryze dll?

A: Kami ingin melihat semua champion berada di dalam map. Saat ini kami memang kesulitan menentukan tempat bagi mereka yang tidak memiliki tempat spesifik, tapi kami akan berusaha keras menyelesaikan masalah ini.

 

Q: Aku suka dengan penggambaran map ini yang sangat realistis – dari gunung sampai ke sungai dan iklimnya. Sebagai fans berat Elder Scrolls, Aku selalu merasa kecewa melihat penggambaran map Tamriel yang terkesan kurang realistis. Bagaimana kalian bisa mencapai hal ini? Penelitian apa yang kalian lakukan?

A: Kami membaca banyak sekali hal yang membuat orang salah dengan peta tempat-tempat fiktif dan memastikan kami tidak terjatuh ke dalam jebakan tersebut. Kami mencari tahu soal lempeng tektonik dan gerakan mereka (menghasilkan pegunungan), lalu kami bekerja di mana angin di berbagai garis lintang akan mendekat. Ditambah dengan bekerja di zona tekanan tinggi dan rendah (di musim panas dan musim dingin – itu benar-benar keren untuk belajar!) Yang memberi kita bayangan hujan dan daerah curah hujan tinggi dan rendah. Itu memberi tahu kami di mana sisi basah gunung akan menjadi, dan itu mengarah ke sungai yang mengalir ke lautan.

Beberapa dari hal diatas harus direkayasa balik, karena beberapa kota, sungai, dan gunung sudah ada yang dikenal atau diinginkan, jadi ada cukup banyak iterasi!

 

Q: Apakah ada bagian map yang diganti? Kalau ada, kenapa?

A: Targon awalnya berada di rantai pegunungan antara Noxus dan Demacia. Sama dengan pemain lainnya, kami ingin Targon dekat dengan Demacia karena cerita pembuangan Taric. Namun kami sepakat untuk menggesernya ke dekat Shurima karena perjalanan Taric untuk mendapatkan Crown of Stone bukanlah perjalanan mudah dari satu region ke region lain. Perjalanan itu adalah perjalanan yang berat dimana seharusnya tidak ada seorangpun yang bisa selamat.

 

Q: Who needs a map?

A: Lucu kamu mengatakannya, pada awalnya VO tersebut diucapkan seperti saat menjual map namun justru berubah menjadi tidak membutuhkan map.

 

Q: Apakah tujuan dibalik pembuatan map ini? Apakah hanya untuk lore saja?

A: Tujuannya sudah pasti untuk memperkuat identitas Runeterra. Map ini tentu saja memiliki dampak yang sangat kuat terhadap lore, tetapi itu hanyalah bagian dari apa yang ingin kita lakukan dengan dunia dan champion kita. Memastikan kita semua memiliki dunia yang sama dalam pikiran akan membantu semua upaya ini (dan pada gilirannya, kesenangan Anda) bergerak maju.

==

Ada beberapa hal menarik yang bisa kita temukan dari AMA ini. Untuk menghindari kesalahan yang sering ditemui pada sebuah map fiksi, tim pembuat map sampai harus membuat penelitian dan mencari tahu kesalahan apa saja yang umum dilakukan supaya bisa dihindari saat membuat Runeterra. Proyek besar ini rupanya memakan waktu yang tidak singkat karena melibatkan berbagai proses pemikiran dan penelitian yang rumit supaya kita semua bisa menikmatinya saat sudah dirilis.

Tim pembuat map juga mengetahui kalau masih banyak sekali kekurangan pada map ini, seperti typo dan beberapa champion yang tidak memiliki tempat spesifik masih belum ditempatkan di map baru ini. Mereka akan terus bekerja keras untuk menyempurnakan map ini supaya semua lore yang ada bisa muncul di map ini kedepannya.

Laurent Vic

RIP AND TEAR UNTIL IT'S DONE

Facebook Twitter Google+ 

Leave a Reply