Detail Perubahan Monster dan Item Jungle di Patch 8.10

Detail Perubahan Monster dan Item Jungle di Patch 8.10
yXgeELW

Sesuai yang sudah kami janjikan pada artikel 5 Hal Penting Patch 8.10 kemarin, Hasagi kali ini akan memberikan informasi mengenai perubahan Jungle. Perubahan yang dilakukan Riot untuk Jungle pada patch kali ini cukup besar, bahkan sampai memancing berbagai respon negatif dari beberapa pemain profesional.

Sesuai dengan apa yang Meddler ucapkan sebelumnya di Boards NA, beragam aspek dari hutan Summoner’s Rift mengalami modifikasi, baik itu sistem Experience (EXP), respawn monster, hingga item yang menjadi bekal para Jungler kala berkelana di Jungle.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak pembahasan di bawah ini.

Monster Jungle


Crimson_Raptor_OriginalSkin

Monster Jungle sekarang akan memberi lebih sedikit experience di awal permainan. Meski begitu, jumlah EXP yang bisa kalian dapatkan akan meningkat seiring level champion yang kalian mainkan. Hal ini sepertinya dilakukan untuk sedikit ‘menahan’ laju para champion Jungle di early game.

Kalian pasti sering melihat bagaimana Jungler melakukan Gank kepada para Solo Laner di awal permainan. Hal itu terjadi akibat banyaknya EXP yang bisa mereka raih dari penghuni Jungle Summoner’s Rift, sehingga para penjelajah hutan tersebut bisa leveling lebih cepat dibandingkan yang lain.

Riot menilai bahwa hal ini bisa membatasi dominasi Jungler di awal permainan. Meski begitu, mereka memberikan kompensasi berupa peningkatan EXP dari Rift Scuttler agar champion Jungle tidak tertinggal.

  • Experience Monster


Greater_Murk_Wolf_OriginalSkin

Dihapus: Experience tidak lagi dikurangi 5% per level Champion yang berada di dekat camp yang sedang diambil.

Dihapus: GRIMP Gromp tidak lagi memberikan 37.5% pengurangan Experience pada First clear-nya.

Dihapus: Krug menengah, kecil, dan Razorbeak besar tidak lagi memberikan 25% pengurangan Experience pada first clear-nya.

Dihapus: WHEATIES Experience reduction pada First clear Krug besar 0% => 30%

Baru: Experience Monster camp kini meningkat seiring level. Berikut rincian EXP yang bisa kalian dapat dari monster Jungle:

  • BLUE SENTINEL 180 => 115 – 180 (di level 1-7)
  • RED BRAMBLEBACK 180 => 115 – 180 (di level 1-7)
  • KRUG BESAR 125 => 100 – 157 (di level 1-7)
  • KRUG SEDANG 35 => 35 – 55 (di level 1-7)
  • KRUG KECIL 7 => 7 – 11 (di level 1-7)
  • LARGE WOLF 100 => 65 – 102 (di level 1-7)
  • SMALL WOLVES 40 => 25 – 39 (di level 1-7)
  • RAZORBEAK BESAR 62 => 56 – 88 (di level 1-7)
  • RAZORBEAK KECIL 35 => 19 – 30 (di level 1-7)
  • GROMP 200 => 115 – 180 (di level 1-7)

  • Rift Scuttler


Rift_Scuttler_OriginalSkin

Rift Scuttler saat ini bukan objektif yang sangat diperebutkan seperti yang Riot inginkan, maka dari itu mereka akan meningkatkan hadiah yang diberikannya untuk memicu interaksi antar Jungler—dan tim. Menjadi pembasmi Scuttle kini akan memberi Jungler keunggulan Experience terhadap lawannya, bukan hanya sebuah lingkaran Vision saja.

Pada awal permainan, dua Rift Scuttler akan muncul bersamaan, setelah keduanya keduanya mati hanya satu yang akan muncul. Rift Scuttler kini dibuat lebih Tanky karena Experience yang jauh lebih besar.

Berikut penjelasan tentang perubahan si Kepiting mungil tersebut:

  • Health 800-3920 (berdasarkan level) => 1200-2480 (berdasarkan level)
  • Experience yang diberikan 10 => 115-230 (di level 1-9)
  • Hadiah Gold 70 => 70-140 (di level 1-9)
  • Waktu kemunculan awal 2:15 => 2:00
  • BARUKetika pertama muncul, Scuttlers akan muncul di bagian atas dan bawah sungai. Keduanya harus dibunuh sebelum waktu Respawn aktif. Setelah kedua Rift Scuttler mati, hanya satu Rift Scuttler yang akan terus-menerus respawn di Map hingga akhir pertandingan.
  • Lokasi Respawn ditentukan secara acak, tapi ditunjukkan lebih dahulu dengan tanda Respawn.
  • Waktu Respawn 180 detik => 135 detik
  • BARU: Pertahanan ekstra Scuttler kini memiliki partikel yang menunjukkan ketika dia terlindungi dan ketika Shield tersebut telah hancur
  • UPDATEPeluang Rift Scuttler mencoba mencuri honeyfruit sangat berkurang.

Item Jungle


8908b069-a8c3-42e2-ad9c-a9a73af58736

Item Jungle dan penambah Gold dimodifikasi hingga memiliki kekuatan unik dengan biaya rendah. Riot akhirnya membasmi kanibalisasi yang sering dilakukan Jungler terhadap beberapa item Support.

Sekarang kita tidak bisa lagi memiliki Hunter’s Machete, Hunter’s Talisman, atau Item upgrade-nya bersamaan dengan memiliki Ancient Coin, Spellthief’s Edge, Relic Shield, atau Item upgrade-nya. Sebagai kompensasi dari penerapan kebijakan baru tersebut, beberapa item Jungle mendapat penyesuaian demi menjaga performa para Jungler.

Hunter’s Talisman


Hunter’s Talisman cukup lemah dan Riot ingin memberinya Buff. Perubahan ini seharusnya akan membantu memperluas roster Jungle termasuk Champ yang memiliki masalah Mana pada First Clear-nya.

  • KINDLE DAMAGE 45 Damage selama 5 detik => 60 Damage selama 5 detik
  • KINDLE HEAL 25 Health selama 5 detik => 30 Health selama 5 detik
  • UPDATE: Damage selama 5 detik tidak lagi ditingkatkan menjadi 75 jika kalian memiliki bonus Health
  • DIHAPUS BASE Mana REGEN 150% ketika berada di Jungle
  • BARU: Regen hingga 40 Mana per 5 detik berdasarkan Mana yang hilang ketika berada di Jungle atau sungai

Hunter’s Machete


Di patch 8.10 ini, Riot telah menghapus Buff Attack Speed yang diberikan Hunter’s Machete dan memindahkan kekuatannya ke bagian lain.

  • Damage on-hit vs monster 25 => 35
  • DIHAPUS: Menyerang Monster Jungle tidak lagi memberikan 15% bonus Attack Speed selama 2 detik

Skirmisher’s Sabre


  • DIHAPUS: Menyerang Monster Jungle tidak lagi memberikan 15% bonus Attack Speed selama 2 detik
  • DIHAPUSBASE Mana REGEN 225% ketika berada di Jungle
  • Damage on-hit vs monster 30 => 40
  • BARU: Regen hingga 40 Mana per 5 detik berdasarkan Mana yang hilang ketika berada di Jungle atau sungai

 Stalker’s Blade


  • DIHAPUSMenyerang Monster jungle tidak lagi memberikan 15% bonus Attack Speed selama 2 detik
  • DIHAPUS: BASE Mana REGEN 225% ketika berada di Jungle
  • Damage on-hit vs monster 30 => 40
  • BARUMeningkatkan hingga 40 Mana per 5 detik berdasarkan Mana yang hilang ketika berada di Jungle atau sungai

Runic Echoes


Kini dibuat dari Lost Chapter bukan Aether Wisp, bonus Movement Speed dihapus, Cooldown Reduction dan Mana ditambahkan.

Mage Jungler cukup lama agak kesulitan di Rift dan akhirnya Riot mengubahnya di Patch 8.10 ini. Mengubah Build path Runic Echoes memberikan Mana serta Cooldown Reduction (dua Item inti Mage) dan meningkatkan stat keseluruhannya secara efisien agar lebih banyak Mage dapat melawan Monster Jungle.

  • BIAYA TOTAL 2625 Gold (tidak berubah)
  • BUILD PATH Aether Wisp + Stalker’s Blade + Amplifying Tome + 345 Gold => Stalker’s Blade + Lost Chapter + 325 Gold
  • DIHAPUS: Movement Speed 7%
  • BARU: Mana 300
  • BARU: Cooldown Reduction 10%

Nah, itulah dia perubahan yang terjadi kepada Monster dan Item Jungle di Patch 8.10 yang kemarin baru saja sampai ke Live Server. Semua perubahan di atas bertujuan untuk mengurangi lane pressure dari Jungler sejak early game, mengurahi beberapa batasan bagi beberapa champion yang ingin bermain sebagai Jungler, membuat pathing menjadi lebih beragam serta meningkatkan potensi Jungler vs Jungler di awal permainan.

Bagaimana Summoners, apa kamu setuju dengan perubahan yang Riot berikan ini?

Saya adalah presiden dari World Economic Journal dan merupakan salah satu penguasa dunia bawah, dan sering mengisi waktu luang dengan bermain League of Legends. Panggil saya "Big News" Morgans!

 

Leave a Reply