Crowd control atau CC adalah cara utama yang digunakan champion untuk menghambat pergerakan dan perlawanan musuh di Wild Rift dan League of Legends. Crowd control juga dibagi dua yakni hard CC atau soft CC.
Keduanya memiliki karakteristik masing-masing, hard CC bisa menghentikan pergerakan pemain secara total sementara soft CC masih memungkinkan pemain melakukan sesuatu untuk keluar dari crowd control tersebut seperti Flash atau Cleanse.
Tetapi tidak semua crowd control memiliki efek yang sama, ada crowd control yang sangat kuat tetapi di sisi lain ada yang lemah, dan tidak semuanya tergantung pada berapa durasi atau persentase dari efek tersebut.
Dengan banyaknya jenis crowd control di Wild Rift dan League of Legends, kira-kira apa jenis yang paling kuat?
Stasis
Ya, kalian tidak salah baca, stasis tergolong sebagai crowd control.
Stasis merupakan crowd control terkuat di Wild Rift dan League of Legends saat ini, sebab ketika mendaratkan efek ini baik menggunakan Zhonya’s Hourglass, Stasis Enchant, atau Tempered Fate (R) milik Bard, pemain tidak bisa melakukan apapun dan tidak bisa dihapus lebih awal.
Untungnya, stasis adalah tergolong netral karena kawan maupun lawan tidak bisa menyerang atau memulihkan champion yang terkena efek ini.
Suppression
Dari semua crowd control di Wild Rift dan League of Legends, suppression adalah yang terkuat dari aspek ofensif.
Champion yang terkena efek suppression tidak dapat bergerak, melakukan serangan, menggunakan ability, mengaktifkan item, serta tidak dapat menggunakan summoner spell apapun hingga durasi suppression selesai.
Apakah ini artinya champion yang terkena efek suppression tidak bisa melakukan apa-apa?
Tenang, suppression masih bisa dihapus oleh beberapa champion dengan kemampuan cleanse kuat seperti Ragnarok (R) milik Olaf, Battle Roar (W) Rengar, serta Remove Scurvy (W) Gangplank.
Saat ini hanya ada beberapa champion yang dapat mendaratkan efek suppression, yakni Tahm Kench, Urgot, Skarner, Sett, Warwick, dan Malzahar.
Airborne
Setelah suppression, airborne adalah crowd control ofensif terkuat nomor dua.
Hampir sama seperti suppression, tetapi champion yang terkena efek airborne masih bisa menggunakan summoner spell meskipun jumlahnya terbatas.
Beberapa ability yang memberi efek airborne juga memiliki efek unik di mana pemain memiliki celah singkat sebelum ability tersebut mengenai mereka, sehingga pemain bisa melarikan diri dengan dash atau flash jika refleks pemain cukup cepat.